TKI Tulungagung kirim uang rp1 triliun/tahun

pengiriman uang (remitansi) tki ke kabupaten tulungagung, jawa timur semua tahunnya diprediksi mencapai rp1 triliun, namun tidak semuanya terdeteksi bank indonesia sebab proses pengiriman diselenggarakan dengan segera.

estimasi besaran remitansi tki asal kota marmer itu diungkapkan koordinator migrant centre tulungagung, widi harianto, selasa, yang menengarai adanya perbedaan data remitensi pada bi melalui perputaran biaya sesungguhnya selama penduduk.

kami telah menggarap kajian melalui mengambil pilihan sampel desa/kampung tki pada tulungagung, dan hasilnya Salah satu desa rata-rata dapat menghasilkan remitansi kurang lebih rp3 miliar hingga rp4 miliar, paparnya.

dengan asumsi banyaknya desa-desa pada daerah tersebut dan warganya bekerja dalam luar negeri (tulungagung memiliki 271 desa, 19 kecamatan), hari meyakini aliran devisa dan berasal dari transfer dana tki/tkw diyakini tembus rp1 triliun per tahunnya.

Informasi Lainnya:

banyak fakta dan kami pilihlah dari para tki yang merupakan dampingan migrant centre. mereka disamping memanfaatkan media transaksi perbankan maupun `western union` (produk jasa pengiriman uang pt pos indonesia) juga menggarap pengiriman secara segera, ungkapnya.

pihak migrant centre telah tidak memiliki data valid menyangkut persentasi remitansi tki ke tulungagung dan tak terekam traksaksi keuangan perbankan indonesia maupun jasa pengiriman lainnya.

hari cuma memberi gambaran kiranya setiap tki/tkw yang membawa biaya (menarik dalam bentuk mata uang asing maupun rupiah) pulang ke kampung halamannya selama tulungagung lebih dari 50 persen.

bukan berarti mereka ini tidak menggunakan jasa keuangan perbankan atau yang lain supaya transfer, tapi dalam ada persentasi para tki dari perantauan ini juga membawa uang hasil kerjanya dengan tunai ataupun melalui cara menitipkan ke rekannya supaya dilontarkan ke keluarga dalam rumah, katanya.

selain perilaku, hari menengarai banyaknya devisa tki dan tidak terekam di data keuangan bank indonesia dan dipengaruhi banyaknya buruh migrant yang berusaha pada luar negeri tanpa dokumen tersedia (tki ilegal).

kerugian negara akibat remitansi yang tidak melalui jasa keuangan pemerintah maupun swasta tentunya berpengaruh terhadap besar-kecilnya obyek pajak yang hilang, tandasnya.

sebagaimana data bank indonesia, devisa dan berasal daripada transfer dana tki jawa timur selama luar negeri sepanjang tahun lalu tercatat sebesar rp2,86 triliun.

distribusi dana remitensi tki ke jawa timur hampir merata ke berbagai wilayah kabupaten/kota.

pamekasan tercatat sebagai daerah dan mempunyai remitansi paling tinggi tiap tahunnya, yaitu mencapai 19 persen atau sekitar rp543,4 miliar

selain pamekasan, enam kabupaten/kota lain dan mempunyai remitansi tertinggi dibanding 31 daerah yang lain pada jatim merupakan sumenep (9 persen atau kurang lebih rp257,4 miliar), surabaya (8 persen serta kurang lebih rp228,8 miliar), malang (7 persen serta kurang lebih rp200,2 miliar), madiun (6 persen serta kurang lebih rp171,6 miliar), tulungagung serta banyuwangi (masing-masing 4 persen ataupun kurang lebih 114,4 miliar).