Kemhan bangun pusat "cyber defence"

kementerian pertahanan ingin membangun pusat pertahanan siber ataupun cyber defence supaya menjaga kedaulatan juga keutuhan wilayah negara kesatuan republik indonesia (nkri) dari kejahatan dunia maya.

hal itu terungkap ketika menteri pertahanan purnomo yusgiantoro berhadapan dengan menteri komunikasi dan Informasi tifatul sembiring dalam kantor kemenkominfo, jakarta, selasa sore.

kami minta saran pada kemenkominfo supaya mengembangkan `cyber defence` karena kementerian ini yang miliki kapasitas mengembangkan `cyber security`, kata menhan usai berhadapan menkominfo tifatul sembiring.

pembangunan pertahanan siber tersebut, papar dia, serta menggandeng tiga angkatan, yakni tni angkatan darat, tni angkatan laut, serta tni angkatan udara. kemkominfo mau membantu tata kelola, infrastruktur, peralatan, dan sumber daya manusianya.

menurut purnomo, ancaman serius terhadap kedaulatan dengan dunia maya telah belum tampak. ada upaya ancaman yang di ini terjadi, namun belum dikategorikan dijadikan ancaman pertahanan negara.

Baca Juga: Mencari Dealer Honda - Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda

sifatnya masih mikro tapi kita tetap harus jangan sembarangan, katanya.

menkominfo, tifatul sembiring, menyampaikan, serangan ke dunia maya cenderung meningkat pada tiga tahun terakhir. dimana tercatat, ada sebanyak 36,6 juta kali serangan kepada indonesia, dan ada sulit merupakan ekonomi.

agar tingkat keamanan siber kuat maka kita mesti berkoordinasi melalui kementerian serta lembaga negara lainnya, katanya.

saat ini kemkominfo sedang menyiapkan sebuah badan bernama `national cyber security` supaya mengantisipasi ancaman para peretas. badan ini hendak menaungi semua cyber defence yang dikembangkan kementerian juga lembaga.

selain kemhan dan tni, banyak lembaga lain yang dilibatkan, antara lain, polri, badan intelijen negara (bin), lembaga sandi negara, badan narkotika nasional (bnn), badan nasional penanggulangan terorisme (bnpt) serta instansi yang tenntang segera dengan masalah keamanan, termasuk instansi yang mengurusi persoalan publik seperti bandara, bursa efek juga lainnya.