Satu rumah gadang ludes terbakar di Tanah Datar

satu rumah gadang (rumah adat minangkabau) di nagari tanjung barulak, kecamatan tanjung emas, tanahdatar, sumatera barat, ludes terbakar, kamis (18/4) malam.

pantauan antara, jumat, menunjukkan kebakaran itu tak menyisakan bangunan yang telah berumur hampir Salah satu abad milik para mandahiling cikupa, jorong pintu rayo, nagari tanjung barulak.

dalam peristiwa naas tersebut, tak banyak korban jiwa, karena penghuni properti yohannes bakri gindo sati (66) beserta anaknya farida (48) serta empat anggota keluarga yang lain cepat beranjak rumah melalui dibantu masyarakat sekitar.

pemilik properti diperkirakan menderita kerugian ratusan juta rupiah, karena properti gadang ini mempunyai sejarah tersendiri dan sederat surat-surat berharga lainnya tak mampu diselamatkan.

Informasi Lainnya:

    kepala satuan pemadam kebakaran tanahdatar nusyirwan menyampaikan Satu unit kendaraan pemadam kebakaran diturunkan juga pada waktu singkat api berhasil dijinakan.

    penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polsek tanjung emas, tapi dugaan ternyata berasal daripada arus pendek listrik.

    sebanyak 15 personel pemadam kebakaran juga sar kita kerahkan agar memadamkan api. kita bersyukur api langsung bisa dipadamkan dan tak merembet ke properti sekitarnya, ujarnya.

    sementara itu, kepala badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) tanahdatar, altri suwandi mengimbau untuk penduduk lebih jangan sembarangan serta berhati-hati kepada listrik, kompor, obat nyamuk bakar juga yang lain yang dapat mempunyai bencana kebakaran.

    dia dan mengharapkan warga dan berada selama sekitar tujuan kebakaran bisa memberikan kemudahan akses jalan terhadap kendaraan pemadam kebakaran menuju lokasi oleh karenanya proses pemadaman lebih bersegeralah serta mengurangi kerugian bagus jiwa, harta maupun benda.