Mendikbud: belum tentu diterima peserta UN

mendikbud mohammad nuh menilai pengabaian hasil ujian nasional (un) 2013 agar sma dan sederajat yang diusulkan komisi x dpr belum tentu diterima audien un.

usulan itu kami terima, tapi hendak kami kaji. bayangkan jika diabaikan, pasti 22 provinsi yang nggak ada masalah dengan un akan menolak, bahkan dan digeser pun menolak karena punya harga diri, papar nuh pada konferensi pers usai dialog profil dokter gigi indonesia yang holistik serta membumi dalam surabaya, sabtu.

dpr bisa saja memberi input, namun hal yang subtansial merupakan kerahasiaan soal un, bukan soal serentak tidaknya. jika tak serentak, tapi tak bocor ya masih sah, karena tersebut kami tak akan dan merta mengabaikan hanya soal beda masa, katanya.

kemarin anggota komisi x dpr ri reni marlinawati mengatakan un 2013 tak sah karena tak dilaksanakan serentak. karena dalam uu dinyatakan bahwa un mesti dilakukan serentak. tak bisa banyak penundaan, katanya.

Informasi Lainnya:

nuh berjanji supaya mengumumkan hasil investigasi penyebab gagalnya un serentak, minggu depan.

dia juga berjanji supaya menjatuhkan sanksi kepada dan lalaii. uang percetakan soal un 2013 mencapai rp94 miliar juga ada kurang lebih rp22 miliar yang bermasalah, katanya.

dia mempersilakan bpk atau kpk menggarap penyelidikan. bukan kpk serta bpk dan masuk (menyelidiki), tapi kami undang mereka untuk masuk, katanya.

nuh mendaku pelaksanaan un sma serta smp juga sederajat secara publik terselesaikan. bedakan diantara un melalui pelaksanaan un, sebab un sudah banyak masalah melalui Salah satu percetakan, tapi pada jatim dan provinsi lain kan berjalan sebagaimana biasa, katanya.