Mahasiswa Petra ciptakan teh antioksidan dari kulit manggis

lima mahasiswa universitas kristen petra (ukp) surabaya menciptakan teh dari kulit manggis yang mereka sebut dant tea dengan faedah sebagai antioksidan yang dapat menghindari kanker, kolesterol, diabetes, dan proses penuaan.

saya semula sesungguhnya tidak mengetahui buah manggis. aku sering minum teh pada restoran pinggir jalan yang umumnya manis serta berpengawet, karena tersebut ada kasus diabetes di usia muda, tutur anggota tim mahasiswa ukp, anthomi wibisono limanto, selama kampus setempat, kamis.

ditemui saat mengikuti petra green bazaar supaya memeriahkan open house ukp dengan tema petra parade 2013, ia menceritakan ide untuk menciptakan minuman yang mengedukasi penduduk tersebut akhirnya mampu terwujud saat ada lomba dari bank mandiri.

lomba `business plan` tersebut diselenggarakan bank mandiri selama oktober lalu, kemarin aku mengajak empat rekan supaya mengimplementasikan ide minuman dan mengedukasi warga hingga akhirnya berkembang menciptakan teh daripada kulit manggis, katanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa fe ukp tersebut menjelaskan teh dari kulit manggis dibuat pada empat rasa, yaitu original (murni manggis) juga tiga rasa campuran (manggis dicampur stroberi, anggur, juga buah naga) melalui takaran 1:2 (Salah satu liter rasa campuran dengan dua liter teh manggis).

didampingi empat rekannya yakni handry s (fe), randy (fe), rendy (fe), dan audrey angelina (fsd/fakultas seni desain), ia menungkapkan dana pengaplikasian di setahun dengan bimbingan dosen ukp tersebut bertujuan supaya menjadikan wirausaha muda agar dapat eksis.

kami mencari manggis sebab buah itu bersifat antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan. karena itu kami mencantumkan motto `fresh and fun`. malahan tiga rasa campurannya juga bersifat antioksidan, ujarnya.

tentang langkah membuatnya, ia menyatakan buah manggis diambil kulit bagian selama dan berwarna merah, lalu dikeringkan dan dimasukkan ke dalam air mendidih melalui suhu ideal 80-100 derajat celsius.

dalam waktu 10-15 menit, air mendidih tersebut merupakan teh, kemarin didinginkan di setengah hari, dengan demikian teh dari kecantikan manggis dan original pun maka. supaya rasa campuran, buah stoberi, anggur, serta buah naga dipotong pada perhatian kecil, katanya.

untuk anggur, ujarnya, usah dibuang biji-nya lebih-lebih dulu tapi kulitnya dibiarkan, kemudian buah naga tidak kulit, serta stroberi tidak dipilah-pilah kulit atau biji-nya. ketiga buah untuk rasa campuran tersebut dipotong pada ukuran kecil, kemarin diblender.

takaran manggis serta buah campuran pada kasus 400 gram itu dimasuki air sebanyak 5-10 liter. cara penyajiannya dan dapat panas (tanpa gula), standar (melalui gula batu), dan dingin (dengan gula manis), ujarnya.