Suriah izinkan ahli Rusia selidiki dugaan penggunaan senjata kimia

menteri penerangan suriah omran az-zoubi menungkapkan damaskus ingin menyetujui pemeriksaan tentang dugaan penggunaan senjata kimia selama suriah dan dilaksanakan dengan para ahli rusia.

jika ada keinginan agar menggarap penyelidikan lapangan, kami akan menawarkan itu diselenggarakan dengan para ahli rusia, tutur pejabat suriah dan tengah berkunjung ke moskow tersebut terhadap wartawan, jumat.

sekretaris jenderal pbb ban ki-moon, kamis, mengatakan tim pbb tersebut siap dikirim di 24-48 jam untuk menyelidiki dugaan penggunaan senjata kimia pada suriah.

az-zoubi mengatakan pemboman melalui menggunakan senjata kimia di kota kecil khan al-asal pada tidak jauh aleppo ditembakkan oleh pelaku teror yang berpangkalan di dekat perbatasan turki dan amunisi tersebut dapat dikirim dari turki.

Informasi Lainnya:

itu diselenggarakan oleh ada kelompok, tergolong al qaida --yang telah mengancam akan menggunakan senjata kimi kepada suriah. mereka sudah melaksanakan ancaman mereka dalam dekat aleppo juga menyebabkan korban jiwa, tutur az-zoubi, sebagaimana dikutip xinhua.

ia mengutip keterangan bahwa 14 pihak tewas juga 50 cedera di serangan tersebut.

ia mengatakan tentara suriah tidak memiliki senjata kimi ataupun senjata lain pemusnah massal juga menuduh amerika serikat melontarkan tuduhan tanpa dasar.

gedung putih menyatakan pemerintah suriah telah mencari senjata kimia di konfliknya dengan petempur oposisi.

di selama Satu surat pada kongres dalam kamis, gedung putih mengatakan, penduduk intelijen as menilai dengan sebuah tingkat kepercayaan yang beragam bahwa rejim suriah sudah menggunakan senjata kimia di skala kecil pada suriah, terlebih zat kimia sarin.