PVMBG: status Kawah Timbang masih siaga

pusat vulkanologi serta mitigasi bencana geologi (pvmbg) menyatakan kawah timbang di desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa sedang, masih berstatus siaga.

hingga ketika ini, baru `siaga` sebab aktivitas kegempaannya masih tinggi, tutur kepala pvmbg surono saat dihubungi antara dari banjarnegara, rabu.

berdasarkan pengamatan dan dilaksanakan tim tanggap darurat pvmbg dalam pos pengamatan gunung api (pga) dieng, kata dia, di hari selasa (9/4) jam 18.00--00.00 wib, terjadi Satu kali gempa vulkanik pada.

selain tersebut, cuaca di kurang lebih kawah timbang terlihat cerah, angin tenang, serta tampak asap putih tipis hingga tebal dihembuskan dengan tekanan lemah sampai ketinggian 50--100 meter.

bau belerang tak tercium di jarak 1.000 meter ke arah barat dan tercium lemah dalam jarak 1.500 meter ke arah selatan dari kawah timbang.

Informasi Lainnya:

di luar radius 1.000 meter daripada kawah timbang, tidak terdeteksi keberadaan gas vulkanik di udara bebas yang membahayakan bagi kehidupan, katanya.

namun pada pengamatan dan diselenggarakan dalam rabu pukul 00.00--06.00 wib, terekam kehadiran dua kali gempa vulkanik pada.

bau belerang tercium tajam pada jarak 1.000 meter ke arah barat dan tercium lemah dalam jarak 1.500 meter arah selatan dari kawah timbang. kami tetap merekomendasikan untuk tak ada aktivitas penduduk dalam jarak 1.000 meter dari kawah timbang, katanya.