Jabar-Republik Ceko kerja sama pengelolaan sampah

pemerintah provinsi (pemprov) jawa barat menyambut baik pemerintah republik ceko yang mempunyai kerja sama pengelolaan sampah di wilayah tersebut.

sebagai negara dan lebih-lebih dahulu membangun lingkungan melalui baik. dia (republik ceko) mengerjakan pengajuan kerja sama, terlebih perihal pengelolaan sampah, papar gubernur jawa barat ahmad heryawan, di kota bandung, jumat.

ditemui usai melayani menteri lingkungan hidup republik ceko thomas chalupa juga duta sulit republik ceko, dalam gedung sate, heryawan menungkapkan pihaknya menyambut bagus tawaran tersebut.

kita sambut melalui menarik sebab sesungguhnya persampahan tersebut pada awalnya urusan wajib kabupaten/kota dan leading sector-nya banyak pada kabupaten/kota, ujar dia.

Informasi Lainnya:

ketika ditanya perihal konsep keselaran itu heryawan menuturkan republik ceko sudah membawa konsep teknologi juga masterplannya dari sinergi tersebut.

pastinya keselaran ekonomi, teknologi dalam jenis pengelolaan sampah dan banyak masterplannya lah. namun tersebut masih sebatas penawaran saja, tutur dia.

ia menunjukan, dan usah dipahami kiranya pada pengelolaan sampah tersebut membutuhkan investasi dan lumayan besar juga pengelolaan sampah dalam republik ceko berbeda dengan dalam indonesia, terutama selama Jabar.

di mereka tersebut disadari benar pendapatan masyarakatnya telah tinggi oleh karenanya bayar retribusi sampah mereka ingin. pada sana lah yang kemudian bedanya melalui kita, kiranya pengelolaan sampah itu murni selama apbd dan apbn. paling apabila pun banyak bayar sampah pada lingkungan tiap-tiap, katanya.

menurut dia, skill pemprov Jawa Barat pada pengelolaan sampah per tonnya adalah 14 dolar amerika per ton. kita sanggupnya pada kasus 14 dolar, itu skill apbd kita, tersebut pun sudah terengah-engah. idealnya pengelolaan sampah per tonnya tersebut 20 dolar amerika, katanya.