Jabar-Republik Ceko kerja sama pengelolaan sampah

pemerintah provinsi (pemprov) jawa barat menyambut menarik pemerintah republik ceko yang menyediakan kerja sama pengelolaan sampah pada wilayah tersebut.

sebagai negara dan lebih-lebih dahulu mengelola lingkungan dengan bagus. dia (republik ceko) melakukan pengajuan kerja sama, khususnya perihal pengelolaan sampah, tutur gubernur jawa barat ahmad heryawan, selama kota bandung, jumat.

ditemui usai melayani menteri lingkungan hidup republik ceko thomas chalupa juga duta besar republik ceko, dalam gedung sate, heryawan menyatakan pihaknya menyambut bagus tawaran itu.

kita sambut melalui menarik karena sebenarnya persampahan tersebut pada awalnya urusan wajib kabupaten/kota juga leading sector-nya banyak selama kabupaten/kota, ujar dia.

Informasi Lainnya:

ketika ditanya tentang konsep keselaran tersebut heryawan menuturkan republik ceko sudah membawa konsep teknologi dan masterplannya dari kerjasama itu.

pastinya kerjasama ekonomi, teknologi dalam bidang pengelolaan sampah juga banyak masterplannya lah. namun itu masih sebatas penawaran saja, tutur dia.

ia mengajarkan, yang perlu dipahami kiranya dalam pengelolaan sampah itu memerlukan investasi yang lumayan besar dan pengelolaan sampah pada republik ceko berbeda melalui di indonesia, khususnya selama Jabar.

di mereka tersebut disadari seorang pendapatan masyarakatnya sudah tinggi makanya bayar retribusi sampah mereka hendak. dalam sana lah yang lalu bedanya dengan kita, kiranya pengelolaan sampah itu murni di apbd dan apbn. paling apabila pun ada bayar sampah selama lingkungan tiap-tiap, ujarnya.

menurut dia, kemampuan pemprov Jawa Barat pada pengelolaan sampah per tonnya adalah 14 dolar amerika per ton. kita sanggupnya selama jumlah 14 dolar, tersebut kemampuan apbd kita, itu pun sudah terengah-engah. baiknya pengelolaan sampah per tonnya tersebut 20 dolar amerika, katanya.